Senin, 12 Januari 2009

Renungan Bahasa 2

Orang Tua dan Bahasa

Peran orang tua dalam keluarga adalah menjadi pendidik bagi anak-anaknya. Orang tua adalah pihak yang paling bertangung jawab atas sikap dan perlikaku anak-anaknya. Memang, di luar rumah ada lingkungan, ada sekolah. Di dua tempat ini anak mendapat pendidikan sikap dan perilaku. Akan tetapi, orang tua adalah penoreh lembaran anak yang paling pertama dan utama. Seperti selembar kertas, mau diisi apa tergantung pada penulisnya.
Pemerolehan pembelajaran sikap dan perilaku yang sangat utama pada keluarga adalah ketika orang tua berkomunikasi dengan anak-anaknya dan anggota keluarga yang lain. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di dalam keluarga akan terekam dalam otak anak-anak kita, input bahasa itu akan tersimpan sangat kuat dalam memorinya. Kata-kata kasar dan kotor sangat mudah ditangkap oleh anak-anak kita. Kata-kata kotor sangat familiar bagi anak. Sekali saja anak menangkap kata-kata kotor dan kasar, ia akan menggunakannnya kapan saja dan di mana saja. Kata-kata yang dikeluarkan oleh anak-anak kita adalah cerminan perilaku anak tersebut. Namun, harus disadari juga sebenarnya di balik itu tercermin juga perilaku orang tuanya.
Orang tua yang selalu santun dalam bertutur tercermin juga pada kesantunan anak-anaknya ketika berkomunikasi. Memang terkadang, kesantunan bertutur yang sudah dipelihara dengan baik di keluarga, suatu saat tercemar oleh pergaulan di lingkungan. Anak dan orang tua yang terbiasa santun dalam berkomunikasi, kadang dikejutkan oleh letupan kosa kata-kosa kata kotor dari anak. Bila kita sudah yakin kesantunan komunikasi sudah terjaga dalam keluarga, kita dapat berkomentar bahwa kata-kata kotor itu datang dari pergaulan lingkungan. Kalau keadaannya seperti itu, filter keluarga harus sangat kuat.
Gambaran di atas adalah indikator betapa bahasa orang tua sangat berpengaruh terhadap tingkah laku dan kesantunan anak-anak. Pemerolehan bahasa yang kotor dari luar sesungguhnya dapat dinetralisasi secara kontinyu. Perlu kegigihan orang tua untuk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar! Komentar Anda bermanfaat bagi kami. Komentar Anda tidak mengurangi apa pun bagi Anda.

FITUR KEBAHASAAN PADA GENRE TEKS

Kaidah Kebahasaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA diarahkan pada pengembangan ...